Kaboelsiagian

Ada sebab mengapa kita mengenal seseorang itu dalam hidup kita. Sama ada kita perlu mengubah hidup dia atau dia mengubah hidup kita....

Selengkapnya
Navigasi Web
Panggilan Hati Jadi Guru (Paragraf #19)

Panggilan Hati Jadi Guru (Paragraf #19)

# TantanganGurusiana.id #30HariMenulisGurusiana.id # TantanganMenulisKe19#02/02/2020

Panggilan Hati Jadi Guru

Paragraf 19

Akhirnya saya mulai mengajar sebagai guru honorer yang tidak di gaji. Di lalui bulan pertama, kedua, dan yang ketiga saya di kasi uang terimakasih sebesar Rp. 150.000.-. Dengan uang itu saya senangnya bukan main memberikan pada omak.

Bulan keempat dan ke lima saya tak di beri apa-apa. Dan memang tak di gaji, kadang sih kepala sekolahnya berbaik hati, ada bulan-bulannya. Hari ini A besok B, kadang di kasi kadang tidak begitulah bulan ke bulan. Mengajar saja, yang penting dapat pahala. Masalah gaji di pasrahkan saja dengan keputusan kepala sekolah. Pikiran itu yang terlintas di benakku ketika itu.

Awal sebelumnya tidak ada gaji. Ya, memang begitu katanya?. Kata kepala sekolah sesuai perjanjian. Saya pasrah saja, mau berobah itu haknya. Ketika itu saya hanya mengikuti dan pasrah dengan keputusannya. Dan saya juga mengikuti keinginan omak mengajar guru sekolah dasar, di kampung sendiri dekat rumah. Omak sangat gembira dan bahagia jelas terlihat di gerak dan cara ia berkomunikasi.

@@@

Masuk bulan ke enam juga tak di gaji, bulan ketujuh pengusulan honorer komite. Alhamdulillah gajian honor komite di bulan kedelapan ful gajian sebesar Rp. 500.000,- bukan main senang dan bangganya omakku. Ikut senang juga melihat kegembiraannya, semangat semakin bertambah semua karena doa dan restunya.

"Omak, kalaulah saya tetap bertahan di perantauan, mungkin saya tidak seperti ini. Entah apa jadinya kalau saya bertahan di Medan". Mencoba menambah kebahagiaan omak.

"Olo mattong aya, nang di botoho usahakku asa mulakko sian Medan i. Ziarah do au tu tuan guru asa mulak ko gasak, asa ulang tahan ko di san. Nang kokrakku kehe ho. Tanpa sadar ibu keceplosan ngomong

"Patut ma nang tenang parasaakku di parattoan, hapengan na sogoni do. Partama au sappe di kota Medan gelisah, mabiar parasaakku, cemas, hadogas marcucuran nang mattak-mattak. Parasaakku giot mulak sajo, nangadong pangolo na, uring-uringan tu aha tu dia, au nang bisa so. Menjelaskan persaanku ketika di Medan

"Sude i amang, tujuattu nadenggan ma i, nang kokrakku tu aha tu dia anakki. Asa boi hu paida-ida, holong ni rohakku do sude hu baen pe songni. Ulang sego rohamu da yak?. Au pe na ra au susah anakkonki, anakkonki do nahamoraon di au, marhoi-hoi pe au amang da tu dolok tu toruan mangalului ngolu-ngolu na boi parbodarian asal ma sahat gelenghi da sai sahat tu tujuan anakkonhi do hasangapon du au". Airmata omak mengalir tanpa ia rasa

Bersambung...

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Terjemahannya pak

02 Feb
Balas

Sabar ya bunda

02 Feb

Waduh pak . tolong di terjemahkan baris terakhir...tapi aku yakin artinya semua doa dari ibu. Barakallah pak

02 Feb
Balas

Sabar tar setelah 30 Hari selesai

02 Feb

Siip ditunggu hehe

02 Feb

Asyiik 30 hr dah jd brp paragraf tu..1 buku...lannuut bang....

02 Feb
Balas

Tere liye terimakasih

02 Feb

ayoo terus motivasi yg lain ya....mangaat

04 Feb
Balas

Ga ngerti...ups...Terjemahin pak..

02 Feb
Balas

Ngejar trep bunda, nanti udah selesai 30 hari diterjemahkan

02 Feb

tahun berapa honor 150 ribu tuh..? tapu mulai lagi..tanpa terjemahan..pusiang kepala ambo ini...ta bisa menikmati carito..hadeehhh..

02 Feb
Balas

Tahun 2003 Pak belum ada dana BOS kalau nggk salah

02 Feb

Malu pak terjemahkan. Tar klu sdh 30 hari tak artikan. Yoo

02 Feb

ha.ha.wow..mantab deeh

02 Feb



search

New Post