Kaboelsiagian

Ada sebab mengapa kita mengenal seseorang itu dalam hidup kita. Sama ada kita perlu mengubah hidup dia atau dia mengubah hidup kita....

Selengkapnya
GELISABU, Gerakan Literasi Selasa Rabu Part 2

GELISABU, Gerakan Literasi Selasa Rabu Part 2

GELISABU, Gerakan Literasi Selasa Rabu

Part 2

GELISABU yang sudah dikelola dengan baik menjadi jembatan bagi siswa/i untuk mengekpresikan bakatnya, akan manfaat bagi dirinya kelak.

GELISABU yang sudah meluas bermula dari gerakan membaca dan menulis bagi siswa/i. Membaca juga perintah bagi pemeluk agama islam, sedang menuntut ilmu merupakan kewajiban bagi setiap umat.

Sementara menulis merupakan refleksi pemikiran atau mengekspresikan pemikiran, seperti angan-angan, cita-cita, impian, harapan, kemauan, keinginan, ketakutan, kegembiraan, kesedihan dan lain-lain. Membaca dan menulis merupakan jembatan seseorang menuju pencerahan.

Allah Ta’ala berfirman,

اقْرَأْ بِاسْمِ رَبِّكَ الَّذِي خَلَقَ (1) خَلَقَ الْإِنْسَانَ مِنْ عَلَقٍ (2) اقْرَأْ وَرَبُّكَ الْأَكْرَمُ (3) الَّذِي عَلَّمَ بِالْقَلَمِ (4) عَلَّمَ الْإِنْسَانَ مَا لَمْ يَعْلَمْ (5)

Artinya :

“Bacalah dengan (menyebut) nama Rabbmu Yang menciptakan, Dia telah menciptakan manusia dari segumpal darah. Bacalah, dan Rabbmulah Yang Maha Pemurah. Yang mengajar (manusia) dengan perantaran qolam (pena). Dia mengajar kepada manusia apa yang tidak diketahuinya.” (QS. Al ‘Alaq: 1-5).

Nah, dengan dibentuknya gerakan literasi di seluruh sekolah-sekolah akan lebih mudah bagi pendidik menemukan serta mengarahkan anak tersebut, bidang apa yang cocok dan sepadan dengan dirinya.

Guru tidak lagi kesulitan menindaklanjuti bakatnya lebih lanjut. Kelak ia berada dilingkungan masyarakat yang dapat menjalani kehidupan lebih mudah menyesuaikan diri, menjalani kehidupan di masa mendatang dengan lebih baik.

Dengan gemar membaca dan menulis serta bidang literasi lainnya, sekolah akan lebih maju serta dapat berkembang dengan mudah. Sekolah akan dapat bersaing dengan sehat, mampu beradaptasi di era digital berkembang berjalan bersama-sama dalam mewujudkan siswa/i yang cerdas.

Keberadaan GELISABU mampu mencerdaskan anak bangsa di semua lapisan sekolah-sekolah. Jadi, GELISABU tentunya harus didukung dengan perpustakaan yang mumpuni, penanganan perpustakaan harus lebih profesional tetap ada dan berjalan.

Perpustakaan sebagai ladang ilmu berbagai tulisan seperti karya, anak-anak, dongeng anak-anak, ilmu pengetahuan, sejarah bangsa, fabel, ensiklopedia, kamus, dan beragam bentuk tulisan bermuara disana. Mari kita galakkan siswa/i gemar membaca dan menulis. Salam literasi!

Bersambung...

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan
search